Jumat, 11 Juli 2014
Home »
model pembelajaran
» PAI & Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
PAI & Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Pembelajaran sekarang yang difokuskan kepada implementasi Kurikulum 2013 akan berorientasi kepada pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), pembelajaran berbasis proyek (project based learning), pembelajaran berbasis produk (product based learning) dan pembelajaran berbasiskan penyingkapan (discovery based learning. Khusus dalam pembelajaran berbasiskan produk tentunya sebuah pembelajaran yang dihasilkan adalah sebuah hasil yang dapat dimanfaatkan, digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Berbagai produk yang tertampil di atas, dilaksanakan dalam pembelajaran yang melibatkan peran siswa dan instruktur. Untuk ke depannya akan diterapkan pembelajaran berbasis produk dengan melibatkan siswa secara total, sehingga skill yang dimiliki siswa benar2 siap pakai. Hal ini menanggapi permintaan DUDI akan lulusan SMK Bisa yang tidak hanya slogan semata.
Keuntungan bagi siswa:
1. Siswa mendapatkan latihan praktik akan kebutuhan dudi lebih banyak, sehingga skil yang dimiliki akan terasah lebih baik.
2. Standar kelulusan pada kompetensi dasar tertentu didasarkan pada produk yang dapat diterima oleh DUDI
3. Mengaplikasikan berbagai kompetensi secara langsung dalam pembuatan produk
4. Siswa siap terjun langsung baik di DUDI maupun membuka peluang usaha ketika lulus dari satuan pendidikan
Keuntungan bagi guru:
1. Dapat mengaplikasi pembelajaran yang aplikatif dan menyenangkan
2. Skil guru bertambah dan lebih terasah
3. Menerapkan jiwa kewirausahan dan menambah penghasilan secara mandiri
Keuntungan bagi sekolah:
1. Mencetak peserta didik yang berkompeten
2. Menghemat pengeluaran akan kebutuhan praktik
3. Mendapatkan pemasukan secara finansial sehingga sekolah lebih mandiri (analisis usaha akan dibahas pada tulisan berikutnya)
4. Media promosi bagi sekolah
Dalam hal mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tentunya akan diinginkan sebuah pembelajaran yang menghasilkan dan bermanfaat. Tentunya hal ini telah dicanangkan oleh Rasulullah saw. "al ilmu yanfau" (ilmu pengetahuan yang bermanfaat). Ada beberapa kajian tentang hasil produk yang jika dilaksanakan oleh seorang guru Agama Islam ketika dia telah melaksanakan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam sebuah kelasnya.
Mudah-mudahan seiring diimplementasikannya kurikulum 2013 ini, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di sekolah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh peserta didiknya di kelas. Dan menjadi pembelajaran yang menghasilkan manfaat bagi dirinya yang akan datang. semoga.
Bandung, 11 Juli 2014
Related Posts:
PAI & Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pembelajaran sekarang yang difokuskan kepada implementasi Kurikulum 2013 akan berorientasi kepada pembelajaran berbasis masalah (problem based learni… Read More
INOBEL : PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY Tujuan pembangunan nasional sebagaimana tercantum dalam GBHN adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Ha… Read More
Pembelajaran Berbasis Problem (Problem Based Learning) A. Pengertian Pembelajaran berbasis problem Menurut Jodion Siburian, dkk dalam Panduan Materi Pembelajaran Model Pembelajaran Sains (2010:174) seba… Read More
Lomba Media Pembelajaran 2014Setelah menjalani beberapa tahapan, akhirnya pada tanggal 13-14 Agustus 2014 panitia lomba media pembelajaran Gebyat TIK 2014 BTIKP Propinsi Kalimanta… Read More
Pembelajaran Inovatif : Discovery learning Definisi/Konsep Ilustrasi Gambar sumber google.com Metode Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelaja… Read More
0 komentar:
Posting Komentar