Senin, 01 April 2013
Home »
Pendidikan
» Abstract (PTK)
Abstract (PTK)
Rahmadi, 2010, Meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII A SMPN 4 Paringin Kabupaten Balangan dalam memahami Iman kepada Rasul Allah Melalaui Model pembelajaran Bermain peran sebagai Tamu dan Tuan Rumah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Kata-kata Kunci: Meningkatkan, prestasi belajar, bermain peran, tamu, tuan rumah
Kenyataaan dilapangan bahwa Banyak dijumpai prestasi belajar siswa masih rendah/belum tuntas, sehingga perlu proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
PTK kolaboratif ini bertujuan agar guru Pendidikan Agama Islam 1) mengetahui Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Sebagai Tamu dan Tuan rumah dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa dalam memahami Iman kepada Rasul Allah. 2)Bagaimana Mengetahui keberhasilan guru dilihat dari aktifitasnya dalam menerapkan Model Pembelajaran Bermain Peran Sebagai Tamu dan Tuan rumah.
Subjek pelaku pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII A, subjek penerima tindakan siswa kelas VIII A Semester II tahun pelajaran 2009/2010 SMPN 4 Paringin Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan.
Data yang diperoleh melalui observasi, catatan lapangan dan review. Semua data diperiksa dengan trianggulasi penyidik. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif model alur.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, pertama, penerapan model pembelajaran Bermain peran sebagai tamu dan tuan ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami Iman kepada Rasul Allah. Kedua, subjek pelaku tindakan kelas berhasil melaksanakan model pembelajaran Bermain peran sebagai tamu dan tuan. Penerapan Model Pembelajaran Bermain peran sebagai tamu dan tuan rumah dalam memahami Iman kepada Rasul Allah meningkat secara signifikan.
0 komentar:
Posting Komentar